Mobile Menu

ads

More News

Apa Itu Penyakit Kusta?

17:41
Nama lain dari penyakit Kusta adalah Lepra atau Penyakit Hansen. Kusta menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas dan mata. Penderita kemungkinaan mengalami mati rasa karena sistem sarafnya yang telah diserang. Membutuhkan waktu 6 bulan hingga 40 tahun bagi bakteri penyebab kusta untuk berkembang biak dalam tubuh. Atau bisa juga gejalanya muncul setelah bakteri menginfeksi tubuh penderita selama 2 hingga 10 tahun. 
Penyakit Kusta
Penyakit Kusta
Gejala yang sering muncul pada penderita kusta adalah mati rasa. Perubahan suhu tubuh tidak bisa dirasakan lagi, sehingga saat disentuh pun tidak merasakan sensasi atau rasa sakit. Kemudian terjadi pembesaran pembuluh darah di sekitar siku dan lutut. Muncul luka tapi tidak terasa sakit dan terjadinya kerusakan mata. Ditambah dengan mata menjadi kering dan jarang berkedip, biasanya dirasakan sebelum muncul tukak yang berukuran besar.

Bakteri penyebab utama kusta bernama Mycobacterium Leprae. Bakteri ini tumbuh pesat pada bagian tubuh yang bersuhu dingin seperti tangan wajah dan kaki. Jenis bakteri ini hanya tumbuh dalam beberapa sel manusia dan hewan tertentu. Penularannya melalui cairan dari hidung yang menyebar ke udara ketika penderita bersin atau batuk.
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 komentar:

Post a Comment