Mobile Menu

ads

More News

Cara Kerja Payment Gateway untuk Bisnis Online Anda

16:54


duitku.com


Mengingat bahwa Payment Gateway ini penting, untuk bisnis Anda. Ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja dari Payment Gateway tersebut. Sebagai perantara website dari e-commerce, dengan merchant bank, yang aman dan juga canggih. Pihak Payment Gateway sendiri, mempunyai sistem kerja standar, mulai dari :


1. Konsumen

Dimulai dari pihak konsumen dari sebuah toko online. Ketika konsumen tersebut sudah selesai melihat dan memilih produk yang akan dibeli, baik itu berupa 1 macam produk atau bahkan lebih. Maka berikutnya informasi tersebut akan disampaikan pada koneksi sumber Payment Gateway itu sendiri.    


2. Online seller

Dalam hal ini pihak Online seller hanya kan menyediakan produk, serta bertanggung jawab untuk memberikan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan produk, seperti ada tidaknya produk, ketersediaan warna produk dan yang lainnya.


3. Payment gateway

Berikutnya masuk ke dalam cara kerja Payment Gateway. Dimana informasi tentang pembelian yang dilakukan oleh pihak konsumen tersebut, akan masuk ke processor pembayaran pada bank yang Anda miliki.


Baca : Duitku.com, Solusi Tepat untuk Kebutuhan Payment Gateway Anda


4. Payment Processor

Langkah berikutnya, payment processor atau prosessor pembayaran, akan meneruskan semua informasi transaksi yang dilakukan oleh pihak konsumen, ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan. 


5. Bank

Jika sudah demikian, maka pihak bank yang bersangkutan (dalam hal ini bank yang konsumen gunakan), akan mulai menerima informasi tersebut. Kemudian mengirimkan balasan pada processor, dengan menggunakan kode khusus. Sekaligus juga memberikan konfirmasi, apakah transaksi pembelian yang baru saja dilakukan tersebut berhasil atau juga gagal.


Baca juga : Payment Gateway dan Disbursement: Apa Perbedaannya?


6. Merchant   

Kembali, prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan, kali ini ke Payment Gateway.. Yang kemudian akan diteruskan ke website ecommerce Payment Gateway, atau pihak toko online, dan juga pihak konsumen sebagai pemegang kartu. Dengan menyatakan bahwa transaksi pembayaran dinyatakan berhasil. Sampai pada tahap ini, artinya proses pembayaran sudah dinyatakan selesai. Selanjutnya pihak seller akan mulai menyiapkan produk yang dipesan, dan kemudian mengirimkannya pada konsumen.


Dari ulasan di atas, tentunya jelas sudah, bagaimana cara kerja atau rangkaian proses kerja dari Payment Gateway itu sendiri.


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 komentar:

Post a Comment