Mobile Menu

ads

More News

5 Perusahaan Consumer Goods Penguasa Pasar Indonesia

11:35

“Brand Footprint” 2021 khusus untuk pasar Indonesia pada bulan Juni telah dirilis oleh firma riset pasar Kantar. Ada 10 brand teratas yang paling banyak mendapatkan suara responden yang mencakup 97 persen rumah tangga atau mewakili sekitar 68 juta rumah tangga di Indonesia.

Dalam list tersebut, nama-nama yang ditunjukkan tidaklah begitu mengejutkan. Hal ini disebabkan karena para konsumen sepanjang hari harus menghabiskan waktu di rumah dan sangat terobsesi dengan kebersihan.

Dari peringkat pertama hingga ke sepuluh, inilah beberapa produk yang paling populer sepanjang 2020: Indomie, So Klin, Mie Sedap, Royco, Roma, Kapal Api, Masako, Lifebuoy, Frisian Flag, dan Sunlight.

Produk-produk tersebut didominasi dari sejumlah produsen barang konsumen atau consumer goods yang telah menguasai pasar Indonesia selama bertahun-tahun. Berikut ini adalah perusahaan besar ternama yang sudah berkuasa di pasar Indonesia sejak lama seperti yang dikutip dari Fortune Indonesia: Media Bisnis dan Ekonomi!

Indofood

Perusahaan Indofood bisa berada di puncak kejayaannya semenjak hadirnya produk Indomie yang disukai oleh banyak orang. Tak hanya di Indonesia saja, bahkan ada banyak orang luar negeri yang suka mengonsumsi produk mie asal Indonesia ini.


Tak hanya menghasilkan produk mi instan, Indofood juga memiliki banyak produk makanan lain seperti olahan susu, makanan ringan, bumbu penyedap, makanan bayi, serta minuman.

Produk dari Indofood bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Mungkin hampir setiap warga negara Indonesia mengonsumsi produk dari Indofood setiap harinya. Oleh karena itu, perusahaan ini pantas untuk disebut sebagai salah satu penguasa pasar Indonesia.

Wings

Wings merupakan salah satu perusahaan yangproduk-produknya tak kalah terkenal dari produk Indofood. Perusahaan yang memiliki markas di Jakarta dan Surabaya ini dikenal sebagai produsen berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun Ekonomi, Daia, So Klin, Nuvo, Mie Sedap, serta beberapa lainnya. 

Perusahaan ini didirikan pertama kalipada tahun 1948, dengan peluncuran produk pertamanya adalah Wings Soap. Pada tahun 1981, Wings kemudian bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang yaitu Lion Corporation.

Kapal Api Global

Indonesia termasuk dalam salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Salah satu perusahaan di Indonesia juga termasuk dari salah satu perusahaan kopi terbesar, yang menyebarkan produknya hingga ke 68 negara.

Kapal Api Global merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, khususnya yang berbahan dasar kopi. Perusahaan ini pada awalnya berdiri dengan nama Santos Jaya Abadi, hingga kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dengan nama baru yaitu Kapal Api Global.

Unilever

Perusahaan yang selanjutnya ini bukan  hanya berkuasa di pasar Indonesia, bahkan produk-produknya juga sudah mendunia. Produk-produk dari unilever sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, seperti Sariwangi, Bango, Buavita, Rinso,Sunlight, Pepsodent, Sunsilk dan beberapa lainnya.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1993 di Angke, Jakarta Utara, berganti nama menjadi Unilever Indonesia sejak tahun 1980. Unilever Indonesia merupakan bagian dari Unilever Group NV/plc yang memproduksi dan mengawasi semua produk Unilever.

Frisian Flag Indonesia

Frisian Flag Indonesia adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada pengolahan susu. Sepertinya, semua masyarakat Indonesia sudah pernah mencoba atau setidaknya mendengar merek yang satu ini. Produk Frisian Flag juga cukup akrab dengan sebutan “susu bendera” bagi masyarakat Indonesia. 

Penyebutan itu tentu saja bukan tanpa dasar, produsen susu kental manis ini diawali dari masuknya salah satu produk asal Belanda yang bernama “soesoe tjap bendera”. Saat itu, merk Friesche Vlag diimpor dari perusahaan bernama Condesfabriek Friesland yang kini sudah berubah menjadi Friesland Campina.


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 komentar:

Post a Comment