Mobile Menu

ads

More News

Mengenal Teknologi Inverter Kulkas Hemat Listrik

17:44

Salah satu pertimbangan orang membeli lemari es adalah konsumsi energinya. Menggunakan lemari es hemat listrik lebih disukai karena penggunaan energi lebih sedikit. Salah satu penyebab berkurangnya konsumsi daya dikarenakan teknologi inverter. Lantas, seperti apakah kerja teknologi inverter pada kulkas?

Kelemahan Kompresor Biasa 

  • Kompresor Biasa Dirancang Bekerja Maksimal Terus

Berbeda dengan kompresor yang dilengkapi oleh teknologi inverter, kompresor biasa tidak akan menyesuaikan kinerja berdasarkan kebutuhan. Umumnya, oleh produsen kompresor didesain untuk mengatasi kondisi beban puncaknya yakni saat musim panas dimana udara lingkungan cukup tinggi. Oleh sebab itu, kompresor akan terus bekerja maksimal meski udara tengah dingin di musim hujan.

  • Kompresor Biasa sangat Terpengaruh oleh Beban Buka Tutup Pintu

Orangtua di rumah mungkin sering memarahi Anda jika membuka pintu kulkas terus-menerus atau buka tutup pintu berkali-kali. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, pada kompresor kulkas biasa yang tidak dilengkapi inverter, setiap kali pengguna membuka pintu kulkas, maka kompresor akan langsung bekerja keras mengatasi panas lingkungan yang masuk. Hal inilah yang menyebabkannya lebih boros energi.

Keunggulan Teknologi Inverter Kulkas

  • Teknologi Inverter Menyesuaikan Kebutuhan

Kulkas hemat listrik yang telah dilengkapi teknologi inverter, kinerja kompresor akan menyesuaikan dengan beban pendinginan yang memang dibutuhkan. Misalnya saja pada musim panas maka kompresor akan bekerja maksimal berdasarkan beban kapasitas puncaknya. Sebaliknya, ketika musim dingin, maka kompresor akan bekerja minimal dengan mengkonsumsi sedikit energi listrik.

  • Lebih Hemat Listrik
Kulkas berteknologi inverter mampu menyesuaikan konsumsi listrik berdasarkan kebutuhan, maka tentu pemakaian listrik di rumah menjadi lebih hemat. Kompresor akan bekerja maksimal saat dibutuhkan dan bekerja minimal saat tidak terlalu perlu. Misalnya saja, kompresor akan berjalan pada kecepatan lebih rendah ketika malam hari meski di musim panas. Alasannya karena suhu malam hari lebih rendah ketimbang siang.

  • Suhu Kulkas Lebih Stabil
Pada lemari es hemat Panasonic Prime Fresh NRBB211Q, dibekali oleh tiga jenis sensor ECONAVI. Sensor ini berfungsi mendeteksi penggunaan kemudian dianalisis mikroprosesor. Alhasil, frekuensi perputaran motor akan disesuaikan dengan kebutuhan. Meski begitu, suhu kulkas pun tetap dapat dijaga stabil. 

Itulah fungsi inverter pada kulkas. Sekarang Anda menjadi lebih mengerti kan? Pastikan untuk selalu memilih kulkas dengan inverter agar daya listrik lebih hemat. 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 komentar:

Post a comment