Mobile Menu

ads

More News

Ketahui Beragam Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

15:54

Sirih merupakan salah satu tanaman yang tumbuh merambat dan bersandar pada batang pohon. Banyak sekali pohon sirih tumbuh di negara Indonesia karena memang pohon ini mudah sekali tumbuh. Apalagi nenek moyang kita sering menggunakan sirih untuk dikunyah dengan kapur, gambir dan rangkaiannya. Akan tetapi siapa sangka bahwa daun sirih memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan terlepas dari efek samping yang dihasilkan. Tentunya perlu untuk diketahui apa saja yang bisa diberikan dari sirih ketika digunakan  untuk tubuh.


Tanaman sirih memang mudah sekali ditemukan yang mana terkenal sebagai obat herbal yang mudah digunakan. Selain itu, proses mengonsumsinya juga tergolong mudah sekali bahkan sering kali langsung dikunyah secara mentah daunnya ada juga yang direbus dan diambil sarinya. Hal tersebut memang tergantung dari setiap orang yang ingin mengkonsumsinya. Maka dari itu perlu diketahui manfaatnya untuk bisa mengolahnya dengan benar.


Kandungan Yang Terdapat Dalam Daun Sirih

Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja yang bisa kandungan yang terdapat dalam tanaman sirih sehingga bisa dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh. Maka anda bisa mengetahuinya yaitu kandungan air, protein, sodium, iodin, vitamin A, B1, B2, dan asam nikotinat. Kandungan tersebut memang menjadi salah satu hal yang diperlukan oleh tubuh. Apalagi sirih juga rendah kalori dan rendah lemak dimana setiap 100 gr sirih mengandung 44 kalori dan 0,4-1 % lemak.


Daun sirih yang banyak digunakan sebagai obat herbal ini memang kerap menjadi solusi untuk mengobati beberapa masalah penyakit yang sering muncul. Bahkan sirih juga memiliki kandungan hidroksikavicol, kavibetol, betelfenol yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah berbagai  penyakit kronik. Akan tetapi juga perlu dikonsumsi secara rutin untuk mencegah penyakit masuk dalam tubuh. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya memang perlu pengolahan yang benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.


Manfaat Dari Daun Sirih Bagi Kesehatan

Banyak hal yang bisa diperoleh dari daun sirih ketika anda mengkonsumsinya secara rutin. Secara medis tanaman sirih memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan sehingga memiliki manfaat yang terbaik untuk tubuh. Maka dari itu bagi anda yang tertarik untuk menjaga kesehatan tubuh menggunakan bahan yang alami seperti sirih. Berikut adalah beberapa manfaat dari sirih bagi kesehatan tubuh.

  1. Mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Manfaat sirih salah satunya adalah menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang mana mengurangi lemak total dalam darah. Apalagi terdapat kandungan antioksidan yang dapat bekerja untuk melawan radikal bebas yang bisa memicu stress dan bisa meningkatkan kolesterol baik dalam darah untuk menjaga kesehatan jantung.
  2. Mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar. Kandungan antioksidan yang tinggi bisa mempercepat penyembuhan luka bakar dan juga kandungan antiseptic yang membunuh kuman.
  3. Menurunkan gula darah pada orang yang terkena diabetes tipe 2. Sebab kandungan antioksidan yang mampu melindungi kesehatan hati serta menyeimbangkan hormone insulin.
  4. Menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya kanker.
  5. Sirih juga mampu digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut yang dapat mencegah gigi berlubang.
  6. Sirih dapat mengobati mimisan yang kerap kali digunakan sebab bisa menyembuhkan luka  dengan membekukan darah dan menutup sobeknya pada pembuluh darah dengan lebih cepat dan mudah. 


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 komentar:

Post a Comment