Mobile Menu

ads

More News

Mengupas 7 Jenis Dongeng Sebelum tidur untuk perkembangan anak

07:26
 

Dongeng Sebelum Tidur memiliki makna dan pesan yang terkandung di dalamnya. Terdapat beragam jenis dongeng yang bisa diceritakan ke anak. Dari beragam jenis dongeng tersebut kamu bisa menentukan beberapa jenis dongeng yang sesuai dengan usia anak. Dengan begitu anak dapat tumbuh dan berkembang berdasarkan contoh tauladan dari sosok yang diceritakan dalam dongeng. Apa saja jenis-jenis dongeng yang dimaksud? Berikut ulasan singkatnya antara lain:

1. Dongeng binatang atau Fabel
Dongeng Sebelum Tidur jenis ini menggambarkan sosok tokoh binatang namun dengan perilaku mirip manusia. Jenis dongeng yang dimaksud sebagai contoh seperti dongeng si kancil, hingga dongeng kelinci dan kura-kura. Dongeng tersebut dibuat tokohnya dalam bentuk binatang namun terdapat pesan yang disampaikan. Terdapat perilaku dalam dongeng tersebut yang patut diteladani dan juga yang tidak patut dicontoh. 

2. Dongeng biasa
Dongeng sebelum tidur ini ini masuk kategori dongeng biasa. Akan tetapi umumnya menceritakan suka duka kehidupan seseorang cerita impian seseorang. Jenis dongeng ini contohnya adalah dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih. Dalam dongeng tersebut digambarkan bawang putih yang kehidupannya selalu tertindas namun memiliki impian masa depan lebih baik. 

3. Dongeng Legenda
Dongeng sebelum tidur yang satu ini merupakan jenis dongeng yang menarik untuk anak. Ini dikarenakan dalam cerita dongeng tersebut menceritakan asal-usul sebuah tempat. Sebagai contoh jenis dongeng yang dimaksud adalah gunung Tangkuban Perahu. Untuk sebagian orang dong yang tersebut adalah berasal dari kisah nyata namun ada juga yang yang percaya hal tersebut adalah legenda. 

4. Dongeng parabel
Dongeng sebelum tidur untuk jenis dongeng parabel merupakan jenis dongeng yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Selain itu juga mengandung nilai-nilai agama yang bisa disampaikan kepada anak. Beberapa jenis dongeng kategori tersebut sebagai contoh seperti dongeng Malin Kundang. Cerita dongeng ini juga bisa dibuat sendiri yang terpenting adalah nilai edukasi yang bisa disampaikan pada anak. 

5. Dongeng Hikayat
Dongeng sebelum tidur yang satu ini adalah jenis dongeng hikayat. Di mana dalam dongeng tersebut hanyalah rekaan dan masuk dalam sastra Melayu. Salah satu contoh dongeng sebelum tidur yang masuk kategori ini adalah seperti kisah kebangsawanan. Kisah ini menggambarkan kegagahan,  kehebatan, dan kesaktian,  serta mukjizatnya. Dalam kisah tersebut mengandung prosa sastra lama yang didalamnya mengisahkan tentang kehidupan dari keluarga istana. Sehingga dalam dongeng jenis ini dapat menjadi pelipur lara ataupun menjadi sebuah motivasi untuk anak. 

6. Dongeng Mitos
Untuk dongeng sebelum tidur yang satu ini masuk kategori jenis dongeng mitos yang dipercaya oleh sebagian besar orang. Beberapa contoh dongeng mitos tersebut misalnya seperti dongeng Nyi Roro Kidul. Masih banyak lagi jenis dongeng lainnya yang bisa disampaikan kepada anak namun cenderung dipercaya sebagian orang adalah mitosmitos karena cenderung kurang masuk akal. 

7. Dongeng Jenaka
Dongeng jenaka merupakan salah satu jenis dongeng yang mengandung unsur kelucuan untuk jenis dongeng sebelum tidur. Sebagai contoh dongeng jenaka yang dimaksud Seperti kisah Abu Nawas di mana dalam kisah tersebut juga mengandung pesan. Pesannya adalah sikap tokoh yang patut ditiru dan yang tidak patut ditiru. Sehingga dengan disampaikannya dongeng tersebut juga bisa membentuk kepribadian anak lebih baik kedepannya. 

Itulah beberapa jenis dongeng sebelum tidur yang dapat membantu proses perkembangan tumbuhan anak. Dongeng tersebut sebagian besar mengandung nilai-nilai makna kehidupan untuk membangun kepribadian anak. 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 komentar:

Post a Comment